Penjelasan Tentang RPM, CPC, CTR dan Impression Sebuah Blog
Penjelasan Tentang RPM, CPC, CTR dan Impression Sebuah Blog |
Pythontolis.blogspot.com-Kali ini kita akan membahas keterkaitan CPC,CTR,RPM dan Impression Blog, kebanyakan para blogger pemula masih kebingungan untuk bisa menaikkan CPC blog nya sehingga penghasilan yang di dapat relatif kecil, nah bagaimana agar supaya CPC blog kita bisa naik, mari kita bahas akar permasalahannya
Hal yang paling menentukan besar kecil nya CPC adalah Klik iklan pertama dalam satu hari, usahakan Klik pertama yang di dapat blog kalian itu tinggi, kalau di klik pertama kecil, maka untuk hari itu CPC kalian sudah pasti kecil juga,karena platformnya memang di buat seperti itu sistemnya
Kali ini kita tidak membahas soal youtube yah, tapi lebih spesifik ke blog, yang berdasarkan pengalaman saya pribadi hal yang terjadi adalah ketika CPC awal hari sudah kecil, maka akan kecil terus sepanjang hari tersebut, beda lagi hari esok yah dan akan terulang terus seperti itu
Untuk mendapatkan klik iklan pertama yang besar sebenarnya ada banyak skali caranya, ini merupakan hal yang paling fundamental, hal yang paling mendasar dan paling banyak di lakukan kesalahan ini
Pada artikel ini saya tidak bermaksud untuk menggurui atau merasa paling tahu akan hal ini, namn yang saya bagikan kali ini berdasarkan pengalaman pribadi selama beberapa bulan terakhir ini dan dari beberapa sumber terpecaya
Karena tujuan utama adalah memperoleh penghasilan dari Adsense, maka kita harus sangat serius dalam mengambil langkah awal untuk blog yang kita kelola, jadi mari simak beberapa kesalahan-kesalahan yang sering di lakukan para blogger yang akhirnya mengakibatkan CPC pada blog mereka kecil
- Artikel Sampah
Kebanyakan para blogger mengejar banyaknya artikel tanpa memperhatikan kualitas dari artikel mereka tersebut, apakah bermanfaat bagi orang lain, apakah memberikan informasi yang falid bagi banyak orang, apakah bisa di pertanggung jawabkan ke absahannya atau tidak
Di banding membuat artikel yang berkualitas, kebanyakan para blogger mengejar banyaknya update artikel setiap hari dengan harapan memperoleh pengunjung dan klik lebih banyak dari hari sebelumnya
Dan pada akhirnya Iklan yang tampil di dalam Artikel mereka tentu saja hanya Iklan-iklan kecil saja, Iklan besar gak akan tampil ke dalam Artikel yang kualitasnya rendah atau bahkan seeperti yang saya katakan Artikel sampah, tidak berguna sama sekali
Artikel itu bukan hanya sekedar tulisan yang memiliki lebih dari seribu kata yang di lengkapi dengan gambar yang relevan sehingga terlihat menarik, toh kalau pada kenyataannya artikel tidak memberikan manfaat apa-apa, yah untuk apa di masukkan ke blog,kan hanya akan jadi sampah
Perlakukanlah blog kalian se profesional mungkin, yang mana blog kalian adalah pasif Income kalian yang mungkin bisa terus memberikan kalian penghasilan untuk kelangsungan hidup kalian di kemudian hari, jadi seriuslah dalam membuat Artikel yang bermanfaat bagi para pembaca
Beda cerita ketika sebuah blog masih dalam proses pendaftaran ke pihak Adsense, untuk kualitas artikel tetap menjadi penilaian juga, namun ketika sudah lolos monetisasi yang nantinya merupakan sumber penghasilan kalian, maka seriuslah dalam mengurus dan mengelola blog kalian, gak perlu banyak, sehari 1 artikel akan lebih baik di banding tiga artikel tapi isinya sampah
- Sumber Traffic
Berdasarkan pengalaman saya dan teman blogger lainnya, sumber traffic yang paling tinggi itu dari Google search yang mana orang mencari sebuah artikel melalui PC atau Laptop, hasil yang id dapat akan sangat maksimal untuk Traffic sebuah Blog
Dan sumber Traffic yang paling rendah adalah melalui media sosial, nilai CPC yang di dapat dari Klik Iklan melalui Media sosial akan sangat kecil apalagi kalau pengguna mengunakan Handphone, misal di adapat link blog artikel kalian dari media sosial dengan menggunakan handphonenya, terus dia klik salah satu iklan di dalam artikel tersebut, sudah pasti CPC yang di dapat Rata-rata di bawah 100,- perak, tentu sangat kecil dong
Maka bisa di simpulkan jika semakin banyak orang yang klik iklankalian melalui Handphone, maka akan semakin hancur CPC blog kalian, kalian bisa cek melalui dasbord Adsense dan masuk ke Platform, makanya kenapa di beberapa tahun ke belakang, banyak para blogger yang tidak mau memakai template yang mode mobile, biar tidak ada iklan yang ter klik melalui Handphone
Walaupun pada kenyataannya hingga saat ini klik iklan melalui handphone jauh lebih banyak di banding melalui PC atau Laptop
- Kebanyakan Iklan
Pernah kalian memperhatikan sebuah Blog yang memiliki banyak iklan pada halaman beranda maupun di dalam Artikel mereka? itu akan sangat memperbesar kemungkinan CPC blog kalian itu kecil,, saran dari saya kalau bisa hanya memasukkan Iklan pada Header dan SiteBar saja
Kalian harus pahami bahwa google menggunakan sistem Bit, yang mana kalau di jabarkan kurang lebih seperti ini, misalnya di dalam satu blog hanya terdapat dua slot iklan, maka sistem google dan Advertisement akan mencoba untuk memasang iklan dengan CPC yang tinggi,kemungkinan besar akan terjadi seperti itu
Namun jika di dalam blog kalian memiliki banyak Slot iklan, otomatis akan terpasang Iklan-iklan dengan CPC yang sangat kecil, atau bahkan terdapat satu iklan yang memiliki CPC Nol, dalam hal ini merupakan Iklan layanan masyarakat
Dengan hanya terdapat dua Slot iklan di dalam Blog kalian, maka akan besar kemungkinan untuk Iklan dengan Nilai CPC yang besar akan berani masuk ke dalam blog tersebut, karena logikanya barang yang mahal tidak akan banyak jumlahnya
Google sangat jelih dalam hal memilih Situs untuk Iklan, Satu bocoran yang bisa saya berikan lagi adalah, CPC yang di berikan Google itu akan berada pada Slot Iklan yang berada Di Header Blog atau Website kalian, yang kedua di SiteBar, karena kedua posisi tersebut sangat strategis untuk di pasangi Iklan dan lebih mudah terlihat jelas oleh para pengunjung
- Penggunaan Template
Hal ini juga merupakan salah satu unsur penting untuk bisa mendapatkan Nilai CPC yang besar terhadap sebuah Blog, maka pastikan Template Blog kalian tuh yang terbaik dari segi Performance dan SEO blog
Google tidak akan seenaknya saja memasukkan Iklan ke dalam Blog yang menggunakan Template yang tidak terlihat bagus atau nyaman bagi para penggunanya, kembali lagi Google akan memperhatikan tempat-tempat atau posisi yang terbaik untuk meletakkan Iklan
Sekarang kita akan beralih ke RPM, CTR & Impression
Saya persingkat saja yah,, per seribu kali orang atau pengunjung melihat Iklan maka Blog kalian akan mendapatkan penghasilan, itu yang di maksudkan dengan RPM, Misalnya pada Impression kalian belum dapat 1.000, maka kalian belum dapat Jumalha yang tertera pada RPM, sebaliknya jika Impression kalian sudah mencapai angka seribu maka jumlah di RPM akan kalian dapatkan
RPM tergantung lagi dari CPC dan CTR, Jika nilai CPC dan CTR besar, maka Nilai RPM blog juga akan besar, dan Jika CPC besar tapi CTR kecil, maka RPM akan kecil juga
CTR itu merupakan kemungkinan Iklan yang akan di Klik oleh para pengunjung, jadi sampai di sini saya rasa sudah mulai paham yah tentang keterkaitan RPM,CTR,CPC dan Impression itu sendiri
Namun kembali kepada kenyataan yang terjadi di Indonesia, keinginan atau kemauan seorang pengunjung untuk ngeklik iklan itu sangat kecil, sehingga mengapa untuk Indonesia sendiri sudah di pastikan kebanyakan Blog dan Website memiliki CPC yang jauh lebih kecil di banding dengan Negara Lain
Hal yang paling miris di dunia Blogger Indonesia memang apresiasi yang sangat kecil dari para pembaca blog untuk ngeklik iklan yang muncul di layar Handphone ataupun Pc mereka
Jadi dalam hal ini bisa kalian coba untuk perlahan melakukan perubahan di beberapa bagian dalam Blog kalian, jangan takut untuk melakukan eksperimen, toh kalaupun gagal itu akan menjadi pelajaran berharga bagi kalian
Ilmu Blogging terus berkembang hingga saat ini, maka dari itu konsistensitas sangat di perlukan untuk seorang blogger yang ingin berkembang, mungkin bisa mulai dengan bergabung ke beberapa komunitas blogger untuk saling berbagi ilmu dan pendapat
Sekian apa yang bisa saya sampaikan mengenai Keterkaitan antara RPM, CTR, CPC dan Impression sebuah Blog
Jika bermanfaat jangan lupa untuk meninggalkan Komentar Positif dan saran yang membangun unutk kami
Baca Juga :
Post a Comment for "Penjelasan Tentang RPM, CPC, CTR dan Impression Sebuah Blog"
Terimakasih Telah Berkunjung, Berikan Komentar Positif Anda